Instalasi Android Development Tools

Versi 1.0

1. Android Development Tools

Untuk membuat (development) aplikasi Android, kita dapat menggunakan tools yang bernama Android SDK. SDK adalah singkatan dari Software Development Kit yaitu sebuah paket tools yang digunakan untuk mengembangkan software aplikasi. Android SDK merupakan sebuat paket tools yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android, yang terdiri dari :
  • Eclipse + plugin ADT
  • Android SDK Tools
  • Android Platform-tools
  • Android Platform terbaru
  • Emulator Android terbaru

Kita dapat mendownload tools tersebut di sini. Pilih file yang akan didownload, apakah 32 bit atau 64 bit, tergantung komputer yang anda pakai. Klik tombol “Download the SDK” dan tunggu aplikasinya terdownload sambil kita minum kopi 🙂 .

3

2. Menjalankan Android SDK

File hasil download Android SDK bernama adt-bundle-windows-x86-20130917.zip untuk Windows 32 bit dan adt-bundle-windows-x86_64-20130522.zip untuk Windows 64 bit, tergantung file mana yang telah anda download. Extract file tersebut sehingga menghasilkan folder baru dengan nama yang sama dengan nama file hasil download. Di dalam folder tersebut terdapat folder dengan nama eclipse. Buka folder tersebut, dan jalankan eclipse.exe, maka muncul window seperti berikut.
10
Workspace adalah folder lokasi tempat kita menempatkan project-project yang nanti akan kita buat. Kita dapat memilih folder yang kita jadikan workspace pada kolom Workspace dengan klik tombol Browse kemudian pilih foldernya, misalkan D:\AndroidSDK seperti pada gambar di atas. Centang “Use this as the default and do not ask again”, lalu klik Ok, aplikasi akan berjalan dengan tampilan seperti ini.
11

3. Membuat dan Menjalankan Android Virtual Device

Android Virtual Device (AVD) adalah emulator device Android yang berjalan pada komputer kita yang berperan sebagai pengganti dari device Android yang sebenarnya. AVD dapat kita gunakan untuk menjalankan (running) code programming yang kita buat. Untuk membuat AVD, klik menu Window pada Eclipse, kemudian klik Android Virtual Device Manager.
4
Muncul window seperti berikut.
5
Klik New. Maka muncul window seperti berikut. Setting AVD sesuai keinginan kita, misalnya seperti berikut ini. Klik OK untuk menyimpannya.
6
Kita dapat menjalankan AVD yang telah kita buat dengan klik nama AVD -> klik Start -> centang Scale display to real size -> klik Launch.
8
9
Tungu proses loading sampai AVD tampak seperti berikut ini.
11
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s